Info Sekolah
Kamis, 27 Nov 2025
  • Dengan moto taqwa. jujur. berprestasi. Kami mewujudkan untuk yang terbaik kepada siswa dan orangtua.
  • Dengan moto taqwa. jujur. berprestasi. Kami mewujudkan untuk yang terbaik kepada siswa dan orangtua.
10 November 2025

PELATIHAN MENDALAM (DEEP LEARNING) SDN CIPINANG 01 PAGI BERSAMA KEJAR CITA

Sen, 10 November 2025 Dibaca 12x Uncategorized

๐Ÿง  Konsep Utama Pembelajaran Mendalam (PM)

  • Berpusat pada siswa: Fokus pada kebutuhan, potensi, dan pengalaman belajar siswa.
  • Tujuan utama: Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (6 dimensi) dan Profil Lulusan (8 dimensi).
  • Prinsip PM:
    • Berkesadaran (mindful)
    • Bermakna (meaningful)
    • Menggembirakan (joyful)

๐Ÿ“š Integrasi dalam Kurikulum Merdeka

  • Pendekatan: Tematik, lintas disiplin, berbasis kompetensi (CP/ATP/MA).
  • Model pembelajaran: Project-Based Learning (PjBL), Problem-Based Learning (PBL), pembelajaran kolaboratif, berbasis teknologi.
  • Kegiatan kokurikuler: Tidak lagi berbentuk P5, melainkan disesuaikan dengan nilai, potensi, dan konteks lokal.

๐ŸŽฏ Perencanaan Pembelajaran Mendalam

  1. Identifikasi: Kesiapan siswa, karakteristik materi, dimensi profil lulusan.
  2. Desain Pembelajaran: Tujuan, praktik pedagogis, kemitraan, lingkungan, digitalisasi.
  3. Pengalaman Belajar:
    • Memahami: konstruksi pengetahuan aktif
    • Mengaplikasi: penerapan dalam konteks nyata
    • Merefleksi: evaluasi proses dan hasil belajar
  4. Asesmen: Formatif (awal dan sepanjang proses) dan sumatif (akhir)

๐Ÿงช Asesmen Autentik dan Holistik

  • Dimensi yang dinilai: Sikap, pengetahuan, keterampilan.
  • Contoh proyek: Menanggulangi sampah plastik โ†’ memahami isu, membuat solusi, merefleksi hasil.

๐Ÿงฉ Taksonomi dan Tingkat Pembelajaran

TingkatSOLOBloomPengalaman Belajar
UnggulAbstrakMencipta, EvaluasiMerefleksi
CakapRelasionalAnalisis, AplikasiMengaplikasi
BerkembangMultistrukturalMemahamiMemahami
DasarUnistrukturalMengingatMengingat kembali
Belum BerkembangPrastruktural

๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿซ Peran Guru dalam PM

  • Aktivator: Menstimulasi dan memberi umpan balik.
  • Kolaborator: Bekerja sama dengan orang tua, guru lain, dan mitra eksternal.
  • Pengembang budaya belajar: Mendorong inovasi dan lingkungan belajar positif.

๐Ÿ’ก Strategi Pendukung

  • Ice breaking: Menciptakan kelas yang menggembirakan.
  • Refleksi siswa: Dilakukan sepanjang proses belajar.
  • Growth mindset: Membangun pola pikir bertumbuh.
  • Teknologi pendidikan: Kahoot, Wordwall, Dreambox, AI Learning, Coding.

Sumber Materi : Kejar Cita

Artikel Lainnya

Oleh : cipinangwebsite@gmail.com

Hello world!

Oleh : cipinangwebsite@gmail.com

ARTI SEBUAH LOGO

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar