๐ง Konsep Utama Pembelajaran Mendalam (PM)
- Berpusat pada siswa: Fokus pada kebutuhan, potensi, dan pengalaman belajar siswa.
- Tujuan utama: Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (6 dimensi) dan Profil Lulusan (8 dimensi).
- Prinsip PM:
- Berkesadaran (mindful)
- Bermakna (meaningful)
- Menggembirakan (joyful)
๐ Integrasi dalam Kurikulum Merdeka
- Pendekatan: Tematik, lintas disiplin, berbasis kompetensi (CP/ATP/MA).
- Model pembelajaran: Project-Based Learning (PjBL), Problem-Based Learning (PBL), pembelajaran kolaboratif, berbasis teknologi.
- Kegiatan kokurikuler: Tidak lagi berbentuk P5, melainkan disesuaikan dengan nilai, potensi, dan konteks lokal.
๐ฏ Perencanaan Pembelajaran Mendalam
- Identifikasi: Kesiapan siswa, karakteristik materi, dimensi profil lulusan.
- Desain Pembelajaran: Tujuan, praktik pedagogis, kemitraan, lingkungan, digitalisasi.
- Pengalaman Belajar:
- Memahami: konstruksi pengetahuan aktif
- Mengaplikasi: penerapan dalam konteks nyata
- Merefleksi: evaluasi proses dan hasil belajar
- Asesmen: Formatif (awal dan sepanjang proses) dan sumatif (akhir)
๐งช Asesmen Autentik dan Holistik
- Dimensi yang dinilai: Sikap, pengetahuan, keterampilan.
- Contoh proyek: Menanggulangi sampah plastik โ memahami isu, membuat solusi, merefleksi hasil.
๐งฉ Taksonomi dan Tingkat Pembelajaran
| Tingkat | SOLO | Bloom | Pengalaman Belajar |
|---|
| Unggul | Abstrak | Mencipta, Evaluasi | Merefleksi |
| Cakap | Relasional | Analisis, Aplikasi | Mengaplikasi |
| Berkembang | Multistruktural | Memahami | Memahami |
| Dasar | Unistruktural | Mengingat | Mengingat kembali |
| Belum Berkembang | Prastruktural | – | – |
๐ฉโ๐ซ Peran Guru dalam PM
- Aktivator: Menstimulasi dan memberi umpan balik.
- Kolaborator: Bekerja sama dengan orang tua, guru lain, dan mitra eksternal.
- Pengembang budaya belajar: Mendorong inovasi dan lingkungan belajar positif.
๐ก Strategi Pendukung
- Ice breaking: Menciptakan kelas yang menggembirakan.
- Refleksi siswa: Dilakukan sepanjang proses belajar.
- Growth mindset: Membangun pola pikir bertumbuh.
- Teknologi pendidikan: Kahoot, Wordwall, Dreambox, AI Learning, Coding.
Sumber Materi : Kejar Cita
Tinggalkan Komentar